Selasa, 03 Maret 2015

9 Alasan kenapa Kamu Harus Kuliah di STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. 



















Sebuah perguruan tinggi Ikatan Dinas milik Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Sebuah perguruan tinggi terbaik dalam bidang akuntansi dan keuangan di Indonesia.
Sekolah Tinggi Anti Nganggur. Sekolah Tinggi Anti Nyontek. Sekolah Terbaik Anak Negeri. Setelah Tamat Akan Nikah.


Air Mancur STAN


Buat masuk dan jadi bagian dari mahasiswa calon punggawa keuangan negara, STAN cuma buka 1 jalur penerimaan yang namanya USM (Ujian Saringan Masuk) STAN.
Dari tahun ke tahun USM STAN emang selalu dinantiin banyak siswa yang baru lulus SMA/SMK/MA dan sederajat. Ikut USM STAN berati berperang. Bayangin aja, di tahun 2014 STAN cuma menerima
4.467 mahasiswa dari 103.175 peserta USM STAN, berati mereka yang masuk STAN 2014 udah nyisishin 98.708 calon mahasiswa. Nah di tahun 2007, jumlah peserta USM STAN memecahkan rekor dengan jumlah pendaftar terbanyak selama STAN membuka penerimaan, dan itu masuk Rekor MURI sekolah tinggi dengan peserta pendaftar terbanyak! FYI, waktu itu pesertanya sampe 125.285 orang. Iya seratus dua puluh lima ribu dua ratus delapan puluh lima orang. Nih catatan lebih lengkapnya:

No
Tahun
Pendaftar
Diterima
Presentase
1
2005
81.920
3.725
4.55%
2
2006
119.628
2.368
1.98%
3
2007
125.285
2.014
1.61%
4
2008
95.365
2.325
2.44%
5
2009
88.744
2.336
2.63%
6
2010
113.545
3.770
3.32%
7
2011
53.646
1.592
2,97%
8
2013
88.079
4.954
5,62%
9
2014
103.175
4.467
4,33%












Ada pertanyaan.. di tahun 2011, kenapa jumlah pendaftarnya Cuma setengah dari biasanya? Karena tahun 2011 cuma dibuka D1 aja, nggak buka D3. Tapi sebenernya menurut beberapa orang yang kuliah di D1 STAN ngerasa beruntung banget. Karena biarpun mereka cuma D1, tapi mereka bisa punya ilmu yang cukup buat diaplikasiin di tempat kerja. Inget, D1 STAN itu nggak kayak D1 kalo kamu kuliah ditempat lain. Jadi jangan kecewa nantinya kalo pilihan kamu D3, ternyata kamu dimasukin ke D1. Syukuri aja. Yakin itu nggak jauh beda kok.


USM STAN di Stadion Gelora Bung Karno

PESERTA SBMPTN 2014 = 664.509 ---- PESERTA USM STAN 2014 = 103.175
SBMPTN 60 PTN LEBIH -------------- USM STAN 1 PTK
JELASKAN PERBANDINGANNYA.

Nah liat sendiri kan diatas gimana statistik peserta USM STAN dari tahun ke tahun, ditambah perbandingan sama peserta SBMPN. Jadi, tau kan gimana favoritnya STAN?? But, wait. Emang kenapa sih banyak yang pengen masuk STAN???

Kenapa harus STAN? Kenapa?
Banyak orang yang nanyain kenapa sih milih STAN? kenapa sih harus ke STAN? Apa enaknya? kan sekolahnya cuma D1 dan D3? Boro-boro Sarjana…

Tapi…Nih…Ada 9 Alasan kenapa kamu harus kuliah di STAN!

1. Kuliah gratis = ngeringanin beban orang tua!



Kalo ada yang bilang sekolah di STAN itu ngeluarin banyak duit, itu bohong besar. Kuliah di STAN itu gratis, men! Bener-bener kamu nggak bakal dimintain bayaran. Nggak ada tuh yang namanya Biaya Kuliah/SPP, Biaya SKS, Biaya Ujian, Biaya Praktikum, atau Biaya Gedung. Nggak ada sama sekali! Jadi buat kamu yang mungkin terkendala biaya buat ngelanjutin pendidikan di perguruan tinggi atau kamu yang cukup mampu tapi pengen ngeringanin beban ortu-mu, STAN-lah pilihannya! :3 Mungkin karena alesan ini banyak mahasiswa yang sebenernya udah kuliah di PTN atau PTS terkenal karena lolos USM STAN, jadi ngerelain PTN atau PTS-nya dan lebih milih buat kuliah di STAN yang cuma D1 dan D3.


2. Dapet modul/buku gratis

Sekolahnya gratis, dapet modul dan buku gratis pula=ngeringanin beban ortu (lagi). Gimana nggak enak? Ada modul2 tertentu yang cuma-cuma dikasih buat para mahasiswa STAN, iya dikasih, gratis, men! Yaa gak semua sih, ada juga yang Cuma dipinjemin. Tapi kan seenggaknya kamu nggak perlu pusing-pusing nyari buku kesana-sini atau pusing mau beli buku tebel-tebel yang kadang dipakenya Cuma 1 sampe 2 semsester mikirin duitnya darimana. Hehe. Kamu juga bisa manfaatin perpustakaan buat baca-baca buku, gratis (*emang ada ya baca buku di perpus bayar-_-*). Buat kamu yang kutu buku nggak perlu khawatir lagi mau baca buku apa. Oiya, selain dapet buku pelajaran gratis. Mahasiswa STAN juga dikasih buku tulis gratis loh dari pihak kampus. Iya, buku tulis! Gratis. Bahkan tahun2 sebelumnya dikasih Alat Tulis juga. Kurang apa lagi men :D

3. Standar Kurikulum yang Tinggi


Nggak perlu diraguin lagi deh kalo soal kualitas. Termasuk soal kurikulum. Lulusan STAN ke depannya diharapin jadi pegawai yang profesional di bidangnya. Nah karena itu, standar kurikulum STAN juga udah masuk standar optimal. Plus dibekali sama Bapak/Ibu dosen terbaik selama masa pendidikan. Lha gimana ga terbaik, wong Dosen Ekonomi dari Badan Kebijakan Fiskal RI, Dosen Pajak dari Direktorat Jenderal Pajak, Dosen Anggaran dari Ditjen Anggaran, dll. :3

4. Dapet uang saku


Yoi dapet uang saku, ya biarpun jumlahnya nggak banyak sih tapi lumayanlah daripada nggak dapet sama sekali :D Sebenarnya gak dapat uang saku pun gak masalah, karena udah bisa kuliah gratis aja udah bersyukur banget. FYI, uang saku ini dikasih di tingkat 3 (tahun ketiga) buat mahasiswa D3 atau dari Semester 5-6. Kalo D1 sih dikasih di tahun itu juga, wong Cuma kuliah setahun kok.





5. Fasilitas Kuliah yang Lengkap & Keren
Siapa bilang kuliah gratis bakal ngerasain fasilitas yang apa adanya? Fasilitas di STAN udah tergolong lengkap, men. Dari mulai ruang kelas yang udah full AC semua, ada proyektor, speaker, dan kursi&mejanya pun nyaman buat dipake kuliah. STAN juga punya Student Center yang bisa dipake buat acara apapun yang bisa nampung ribuan orang. Perpustakaan oke banget, fasilitas olahraga juga ada. Jogging track, lapangan bola, futsal, voli, dll. 

Gedung I sore hari
Gedung I

Salah satu ruang kelas di Gedung I

Ruang I-103, dengan view air mancur STAN di sampingnya



Gedung J


Salah satu ruang kelas di Gedung J


STAN Student Center
Bangunan paling megah di Kampus STAN Bintaro



6. Kenal orang dari Sabang sampai Merauke
Mahasiswa STAN itu multikultural banget. Dateng darimana-mana. Dari situ kamu bisa belajar banyak, berasa bener-bener hidup di Indonesia ketika kuliah diskusi kelompok, masing-masing anak mewakili ciri khasnya daerah masing-masing dengan logat bahasanya. Ada yang medhok Jawanya, kalemnya orang Sunda, tegasnya orang Batak, Melayunya khas Kalimantan. Dan enaknya ketika pasca liburan panjang, pas mulai kuliah lagi ada tradisi yang namanya ngumpulin oleh-oleh di kelas yang bahkan dosen-dosen pun sering kebagian. You'll feel much taste.



7. Pergaulan dan Lingkungan yang Baik
Namanya anak pilihan, pasti yang terbaik. Begitu pula dengan pergaulannya. Meskipun Jakarte, jangan lu kire pergaulan disini bahaya, penuh hedon dan hura-hura. Anak STAN hobinya belajar, ngerjain deadline tugas, dan ikut kajian agama di Mesjid kampus. Dan karena di STAN kamu nggak Cuma dikasih ilmu pengetahuan. Kamu juga bakal belajar etika hidup. Budaya 3S (Senyum Salam Sapa) di STAN itu kerasa banget. Dari mulai dosen sampe pihak sekretariat kampus, etika yang baik itu bener-bener harus diterapin karena Kementerian Keuangan nggak Cuma butuh orang pinter. Jadi, mayoritas anak STAN itu goodperson banget pokoknya.

Selain itu, karena adanya sistem DO (Drop Out) di STAN, rasa solidaritas antar mahasiswa STAN itu kuat banget. Budaya tentir (belajar bareng) sering diadain sama para mahasiswa yang masih haus pemahaman materi kuliah. Yang punya kemampuan di satu matkul bakal ngajarin temen-temennya yang kurang paham, bahkan kakak tingkat pun siap ngebantu adek-adeknya yang butuh bimbingan. Mereka berpikir gimana caranya 1 angkatan nggak ada yang di-DO, 1 angkatan bisa lulus, berhasil, dan sukses bareng.


8. Jaminan Penempatan Kerja -> Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
Ada yang bilang STAN itu kepanjangan dari Sekolah Tinggi Anti Nganggur. Lha iya, setiap mahasiswa yang lulus udah disapin tempat dimana mereka tinggal dateng buat kerja nggak perlu lamar sana-sini. Dan kerjanya bukan di tempat ecek-ecek yaa. Punggawa Keuangan Negara di Kementerian Keuangan RI. Iya, Kementerian Keuangan, men! kementerian yang tunjangannya paling gede dibanding kementerian-kementerian lain. Kementerian yang paling banyak diincer kalo ada seleksi CPNS.




Dan…..
Satu lagi….


9. Buronan Mertua

Ini yang ngeri, lagian siapa juga yang gak mau punya mantu yang punya gaji cukup di usia yang muda dan itupun gajinya bisa naik terus seiring bertambahnya waktu. Hehe.
Karena menantu idaman adalah mahasiswa STAN.













******
Kuliah gratis, dapet buku pelajaran gratis, buku tulis gratis, dapet uang saku, fasilitas oke, pergaulan baik, jaminan kerja, dan idaman para mertua.


Jadi, Masih ragu buat milih STAN?




44 komentar:

  1. ada 2 tipe orang:
    1. Orang yg cita2nya jd pegawai
    2. Orang yg cita2nya menguasai dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya cita cita dan blom tentu terpenuhi, sabar ya kalo blom dapet, makanya belajar

      Hapus
    2. Cita cita bukan 'hanya', kawan!
      Dari cita cita itulah orang orang besar lahir🙌

      Hapus
  2. mau nanya kak

    memangnya cukup uang 100.000 untuk hidup 1 bulan?...sedangkan posisi kita adalh gag diberi asrama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rizkima. Terimakasih atas pertanyaannya.
      Relatif sih, kalo orangnya bisa nganggep cukup ya bisa cukup. Tapi kemungkinanya kecil, kecuali bisa kreatif, misalnya cari uang sendiri dari ngajar, ngeprivat, atau bisnis online.

      Hapus
    2. saya dulu sambil ngajar les privat, alhamdulillah bisa mencari biaya hidup sendiri

      Hapus
  3. semoga lolos stan2016 saya abis tes tkd nih tinggal nunggu pengumuman :))

    BalasHapus
  4. Pgen masuk STAN tapi aku lulusan smk di desa aku ngambil jurusan TKJ krna prlatan dan fasilitas di sekolahku kurang memadai, mungkin karena di desa...saya hanya diajarkan teori tkj nya saja tanpa mempratikkan.... namun dari dulu saya pgen sekali kuliah di jurusan keuangan krna dulu ketika smp saya suka pljrn akuntansi...namun dengan penuh kesadaran mungkin itu hanya impian saya saja, orangtua saya tidak punya biaya buat nguliahin saya, buat biaya hidup pun kadang masih merasa kurang....saya merasa binggung kak orangtua saya selalu saja menyuruh saja untuk bekerja setelah lulus smk, mungkin ada benarnya juga apa kata orangtua saya , saya berniat untuk kuliah sambil kerja agar bisa mandiri, namun ,kak bolehkah saya bertanya apakah kuliah di STAN membuka beasiswa untuk siswa yang kurang mampu seperti saya..? kalau memang di STAN ada beasiswa saya tidak akan patah semangat untuk bisa mengapai cita2 saya agar bisa kuliah di STAN....sekarang saya sudah kelas 3... saya akan slalu berdo'a dan berusaha sampai saya bisa masuk STAN

    BalasHapus
  5. Pgen masuk STAN tapi aku lulusan smk di desa aku ngambil jurusan TKJ krna prlatan dan fasilitas di sekolahku kurang memadai, mungkin karena di desa...saya hanya diajarkan teori tkj nya saja tanpa mempratikkan.... namun dari dulu saya pgen sekali kuliah di jurusan keuangan krna dulu ketika smp saya suka pljrn akuntansi...namun dengan penuh kesadaran mungkin itu hanya impian saya saja, orangtua saya tidak punya biaya buat nguliahin saya, buat biaya hidup pun kadang masih merasa kurang....saya merasa binggung kak orangtua saya selalu saja menyuruh saja untuk bekerja setelah lulus smk, mungkin ada benarnya juga apa kata orangtua saya , saya berniat untuk kuliah sambil kerja agar bisa mandiri, namun ,kak bolehkah saya bertanya apakah kuliah di STAN membuka beasiswa untuk siswa yang kurang mampu seperti saya..? kalau memang di STAN ada beasiswa saya tidak akan patah semangat untuk bisa mengapai cita2 saya agar bisa kuliah di STAN....sekarang saya sudah kelas 3... saya akan slalu berdo'a dan berusaha sampai saya bisa masuk STAN

    BalasHapus
  6. Mau masuk STAN apa selalu ikut bimbingan belajar dulu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak perlu ikut bimbel yang penting belajar dan pahami tipe tipe soal yang sering muncul di usm stan

      Hapus
    2. nggak perlu ikut bimbel yang penting belajar dan pahami tipe tipe soal yang sering muncul di usm stan

      Hapus
  7. Jurusan yang paling diminati di d3 stan apa kak?

    BalasHapus
  8. kak apa saja modal untuk bisa keterima di STAN? dan apa saja yang harus di persiapkan ketika di SMA?

    BalasHapus
  9. Kak kalo misalnya setelah tamat stan, dan di tentuin tempat kerjanya, apakah boleh milih tempatnya dimana kak?

    BalasHapus
  10. temenku dari diploma I pajak,setelah kerja di pajak beberapa tahun berkesempatan melanjutkan d3 kemudian melanjutkan s1 di kampus lain (kelas malam), setelah bekerja beberapa tahun lagi malah lulus tes beasiswa s2 ke Luar negeri dan lulus pula.ada 3 temanku yang ku kenal yang lulusan d1 pajak yang akhirnya lulus tes s2 luar negeri

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Ka mau nanya?
    Eman stan ngga ngasih asrama ya, jadi bagi yang di luar kota harus ngekost gitu ya kak? Terus kalo d1 uang saku nya kira2 berpa ya ?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Kalau d1 uang sakunya kira2 berapa ya kak?

    BalasHapus
  15. kaka kuliah di STAN bisa sambil bekerja kan?

    BalasHapus
  16. Kak kira2 kalau ambil d1 uang sakunya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  17. D1 masih dapet uang saku? apa udah ga berlaku lagi?

    BalasHapus
  18. Kalo untuk beasiswa tahun 2004 untuk masuk ke STAN kira2 masih bisa di lanjut gak yah?
    Mohon infonya

    BalasHapus
  19. Soalnya dulu keluarga kami krisis ekonomi makanya tak mampu lanjut..

    BalasHapus
  20. Ka mau nanya klo di stan, berkacamata boleh ngga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma khusus BC yg ada syarat kacamata yaa

      Hapus
  21. kak, kenal anak STAN yg DO tapi udah sukses ga kak?

    BalasHapus

 

About